Jumat, 07 Oktober 2011

Satuan Polisi Pamong Praja

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palembang tidak main-main dalam menerapkan Peraturan Daerah (Perda) No 12/2006 tentang Pembinaan dan Retribusi Sampah. Terbukti,14wargayang tertangkap tangan membuang sampah sembarangan digelandang ke Kantor Pol PP kemarin. Kepala Satuan Pol PP Kota Palembang Aris Saputra mengatakan, 14 warga tersebut kedapatan membuang sampah sembarangan di kawasan Jembatan Ampera dan Taman Nusa Indah,Palembang. Mereka diamankan selama 1 x24jamdiKantorPolPP.

“Untuk memberi efek jera, mereka kita amankan selama 24 jam di kantor kita. Untuk tahap awal kita data terlebih dahulu sebelum akan dilakukan sidang yustisi,” katanya seusai memberikan pengarahan kemarin. Adapun sanksi yang akan diberikan kepada 14 warga yang digaruk ini, yakni denda maksimal Rp50 juta. “Maksimalnya Rp50 juta. Tapi, kita lihat lagi tingkat kesalahannya. Biasanya hanya dijatuhi denda berkisaran Rp200.000– Rp250.000,”ujarnya.

Kendati begitu, 14 warga yang telah didata dan telah dilengkapi foto tersebut dapat diberikan sanksi lebih berat apabila untuk kedua kalinya kedapatan melakukan kesalahan yang sama.“Karena itu,mereka juga kita imbau untukmengajak warga serta sanak saudaranya, untuk tidak membuang sampah sembarangan, ”cetusnya.

Aris menjelaskan, dalam rangka penegakan perda sampah ini, tidak hanya kawasan taman di bawah Jembatan Ampera dan Nusa Indah saja yang disasar. Kawasan padat lalu lintas seperti di simpang empat lampu merah, Pasar 16 Ilir, dan dalam bus kota juga menjadi target berikutnya. Gencarnya operasi penerapan perda membuang sampah sembarangan ini juga dalam rangka menyambut perhelatan olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games XXVI.

“Kita tentu ingin predikat kota terbersih terus dipegang,terlebih Palembang akan menjadi tuan rumah SEA Games,”jelasnya. Salah satu warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan di kawasan Nusa Indah, Nakza, 74, mengakutidak mengetahui adanya perda yang menindak pembuang sampah sembarang. “Tidak tahu dengan aturan baru tersebut, selama ini biasa saja,”tuturnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © 2012 Info Kita All rights reserved Mas Hari
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia